MENDENGARKAN SUARA-SUARA KEBAJIKAN

MENDENGARKAN SUARA-SUARA KEBAJIKAN

Di tengah keriuhan hidup sehari-hari, sebenarnya kita masih bisa mendengarkan suara yang memanggil dari hati kita yang terdalam, yakni suara-suara dan pesan-pesan kebajikan yang berbunyi lirih dalam ruang-ruang kehidupan kita.

 

Tak bisa dipungkiri. Kita sering kali tidak mampu mendengarkan suara-suara kebajikan dalam hidup. Diri kita sudah dipenuhi dengan kegaduhan. Kita memenuhi diri kita dengan pikiran-pikiran, khususnya pikiran negatif.

Jika hal ini berlarut-larut, tentu kita akan sulit berkonsentrasi, perasaan cenderung sensitif, dan sulit mendengarkan serta memahami orang lain

Kita membutuhkan suatu latihan hidup yang berkesadaran.  

Menjalani hidup yang berkesadaran memiliki arti bahwa setiap perkara dan peristiwa akan menjadi kesempatan untuk melatih diri dalam hal memilah, memilih, dan memutuskan mana yang sungguh-sungguh perlu untuk hidup saya. Suka atau tidak suka, latihan ini membutuhkan kerelaan dan ketegasan untuk melepas.

Tentu hal ini merupakan proses tidak nyaman karena kita harus meluruhkan sesuatu yang mungkin masih kita sukai. Namun, kita juga harus jujur bahwa sesuatu itu cenderung membebani atau bisa menjadi batu sandungan bagi langkah kita ke depan.

Dengan terus menakar diri dan berani melepas, perlahan-lahan langkah hidup menjadi lebih ringan dan riang. Energi pun bisa terfokus untuk sesuatu yang bisa mengantar pada tujuan. Pada akhirnya…, hidup akan mengajari mana yang sesungguhnya perlu, penting, dan benar untuk kita jalani ke depan.

Arah dari latihan hidup yang berkesadaran ini ialah untuk membantu kita dalam menjalani hidup sehari-hari dengan tetap fokus pada sesuatu yang esensi, bukan pada hal remeh-temeh yang sebenarnya tidak penting untuk hidup kita.

Alhasil, di tengah keriuhan hidup sehari-hari, kita masih bisa mendengarkan suara yang memanggil dari hati kita yang terdalam, yakni suara-suara dan pesan-pesan kebajikan yang berbunyi lirih dalam ruang-ruang kehidupan kita.**

LEAVE A COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *