RUANG KREATIVITAS DAN IMAJINASI

RUANG KREATIVITAS DAN IMAJINASI

 

Judul        : Asyik Bersama Yesus

Penulis     : Joana Aloysia

Penerbit   : Rumah Dehonian, 2019

Tebal        : 2 jilid, 32 + 88 halaman

ISBN         : 9786239165307

Harga      : Rp 63.000

 

 

Era digital membuat pola asuh dan aktivitas anak-anak menjadi berubah.

Dulu anak-anak bermain di sungai, berlarian di lapangan, mengejar layang-layang, atau bermain lumpur di sawah. Saat ini, kebanyakan anak hanya berdiam diri di depan layar gawai. Mereka berlari memanjat dinding, balapan, tembak-tembakan, tetapi semua aktivitas itu berupa game yang dimainkan dengan diam di tempat, hanya jempol yang bermain.

Terlalu banyak di depan layar gawai bisa berdampak negatif pada motorik halus, mental anak yang menjadi mudah emosi, dan karakter anak yang individualistis. Untuk itu, orang tua perlu kembali memberikan ruang aktivitas fisik untuk melatih kreativitas dan imajinasi. Salah satunya dengan sarana buku karya Joana Aloysia yang keren ini. Buku ini terdiri dari dua bagian, satu untuk aktivitas anak dan lainnya adalah panduan orang tua atau pendamping belajar.

Ada 43 aktivitas menggunting, melipat, menempel, juga mewarnai untuk anak-anak usia balita. Buku Asyik Bersama Yesus ini menyajikan kisah-kisah yang diambil dari Injil. Lewat aktivitas dari buku ini, kisah Maria mengunjungi ELisabet, orang upahan di kebun anggur, perumpamaan pohon ara, kebangkitan Yesus, dan banyak kisah lainnya, bisa disampaikan kepada anak dengan cara yang seru dan menyenangkan.

Selain mengurangi dampak negatif akibat terlalu banyak bermain gawai, aktivita yang disajikan dalam buku yang diterbitkan Rumah Dehonian ini dapat membantu pengajaran Injil yang lebih tercerap melalui aktivitas fisik itu.

 

Yohanes Bara

(seperti dimuat pada majalah Utusan No 1 Th ke-70, Januari 2020)

Comment (1)

  • wahyu tri Reply

    Buku ini termasuk disukai dalam aktivitas anak. Di Jambi sudah banyak yang menggunakan untuk aktivitas anak di rumah.

    April 28, 2020 at 11:25 am

LEAVE A COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *